Senin, 01 April 2013

Gangguan Otak

Rutinitas yang padat memang membuat tubuh kita tak bisa diajak kompromi. Bayangkan saja jika tubuh dan otak kita tak istirahat dalam 2 jam, apa yang akan terjadi? Entahlah, mungkin anda akan mengalami beberapa gangguan yang membuat tubuh dan otak anda kurang optimal untuk berfungsi.

Sebut saja pengalaman saya sendiri yang kerja dalam bidang retail sebuah perusahaan swasta. Dengan Aktifitas yang begitu lumayan nyante namun padat membuat otak saya sering sakit tanpa sebab pasti. saya memcoba browsing dan tanya sama Dr. Google. Ternyata penyebab sakit kepala seperti yang saya baca di sebuah blog tetang adalah sbb:


1. Aroma yang kuat

Aroma yang kuat biasanya berasal dari parfum, buah durian, ataupun bau menyengat dari sampah. Beberapa orang sangat sensitif terhadap bau yang tajam, bau tersebut dapat memicu sistem saraf dan menyebabkan sakit kepala.
My Opini : Bisa jadi juga sich. Kenapa? karena banyaknya customer dengan memakai parfum yang berbagai macam. secara tidak langsung mungkin hal tersebut menjadi penyebabnya.
2. Aksesoris Rambut

Aksesoris untuk rambut juga bisa menjadi penyebab penyakit sakit kepala. Kuncir rambut yang sangat ketat atau ikatan rambut yang terlalu kuat dapat memicu sakit kepala. bahkan topi atau gel rambut juga biasanya dapat menyebabkan sakit kepala, oleh sebab itu kurangi menggunakan aksesori rambut.
 
My Opini:  Kalau yang satu ini juga bisa masuk akal sich, namun akhir-akhir ini saya gak pakai gel rambut. Hanya keramas doank sebelum kerja he curhat dikit.
3. Menjadi Pemarah Seperti Angry-Bird

Sifat marah paling sering menjadi pemicu utama sakit kepala, ketika anda sedang marah otot-otot di punggung leher dan kulit menjadi tegang sehingga memicu sakit kepala.
 
My Opini: ini yang sering saya tahan mungkin saat di tempat kerja, karena kadang jengkel ma junior yang tak bisa di nasehatin baik-baik.
4. Stres

Stres merupakan penyebab penyakit sakit kepala yang sangat umum.  Ketika Anda sedang stres, otot-otot sekitar leher dan bahu ke atas akan membatasi aliran darah di daerah itu dan membangun produk limbah dalam jaringan yang selanjutnya menyebabkan rasa sakit dan pusing. jadi cobalah atasi stres anda.
 
My opini : haha.. ini dah, streees dengan konflain customer yang gak bisa diajak konpromi.

5. Pola Tidur yang Buruk

Tidur malam yang baik akan membantu Anda untuk tetap fokus dan aktif di siang hari. Tidur juga penting bagi berfungsinya otot berbagai otak dan jaringan. Ketika pola tidur normal Anda terganggu, kelelahan mungkin timbul akibat kurang tidur. Hal ini menyebabkan kontraksi di kepala dan otot leher dan menyebabkan penyakit sakit kepala. Insomnia dan orang-orang dengan gangguan tidur lainnya mungkin berada pada risiko tinggi dengan jenis sakit kepala.

My Opini : aku orangnya suka bedagang mungkin, eh salah begadang. he

6. fluktuasi hormon
Banyak wanita mengalami sakit kepala yang serius pada awal menstruasi mereka. Alasan untuk sakit kepala adalah kadar hormon berfluktuasi dalam tubuh. Sakit kepala terjadi ketika tingkat estrogen dips turun sebelum menstruasi, yang mempengaruhi tingkat serotonin dalam tubuh Anda.
My Opini : Aku bukan cewek broo.. haa

7. Telat Makan

Rasa lapar Anda juga bisa membuat kepala Anda sakit. Bila Anda melewatkan makan Anda tingkat gula darah turun yang selanjutnya mempengaruhi aliran darah ke otak dan menyebabkan penyakit sakit kepala. Oleh karena itu, selalu makan makanan Anda pada waktu yang sama dan jangan pernah telat makan.

My Opini : ini ni.. yang bikin jengkel kalau udah rame, sampe makan tertuunda. he

8. Merokok

Merokok dapat memicu penyakit sakit kepala bukan hanya untuk orang yang memegang rokok tetapi juga yang menghirup asapnya. Asap rokok mengandung nikotin yang mempersempit pembuluh darah di otak. Sakit kepala yang disebabkan karena rokok kebanyakan sakit kepala cluster dan sangat menyakitkan satu sisi kepala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar